Education

Tips Cara Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Tips Rumus Cara Khatam AlQuran di Bulan Ramadhan
Photos: Pixabay

Inilah rumus cara khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan agar niatmu khatam bulan ini dapat terlaksana

TernyataBegitu.Com – Kegiatan yang biasa dilakukan di bulan suci Ramadhan ialah membaca Al Quran. Memang benar, jika membaca Al Quran setiap saat tak harus di bulan Ramadhan. Namun sudah semestinya setiap orang menjadikan bulan Ramadhan menjadi waktu untuk mendengar dan membaca Al Quran lebih sering lagi. Karena waktu mudah dan hanya di bulan Ramadhan. Di bulan berkah ini kita diberi kesempatan lebih longgar lagi untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Di bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini, semua orang berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mayoritas umat muslim yang tengah berpuasa memanfaatkan momentum ini untuk kegiatan seperti tadarus yang dilakukan agar bisa mengkhatam 30 juz.

Umat muslim menggunakan waktu ini untuk mengkhatamkan Al Quran selama sebulan penuh. Khatamnya pun bisa sekali dan bahkan yang istiqomah bisa hingga beberapa kali. Mengkhatamkan Al Quran memang tidak wajib di bulan Ramadhan. Tapi kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini karena di bulan ini pahala dan nikmat yang diperoleh dilipatgandakan oleh Alla swt. Daripada kita melakukan hal yang tidak berguna atau diam saja lebih baik memanfaatkan waktu untuk khatam Al Quran.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.”

(HR. Bukhari No. 5054)

Mengkhatamkan Al Quran bukan menjadi ajang pamer dan bersaing karena hanya akan berkurang pahalanya. Ibadah itu diniatkan pada Allah swt. dan hanya untuk kepada-Nya. Jadikan ibadah ini sebagai cara untuk mendekatkan diri pada Allah swt. Karena kualitas ibadah itu ditentukan dari seberapa khusyuk dan ikhlas hati kita berhadapan dengan Allah swt.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa khatam Al Quran :

cara khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan

∎ Gunakan Konsep 1 Hari 1 Juz

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memulainya. Disini ada rumus yang harus kamu ketahui :

Al Quran itu memiliki 600 halaman, maka bacalah 2 lembar setiap usai sholat

– Al Quran terdiri dari 30 juz.
– 1 Juz terdiri dari 20 halaman (10 lembar).
– Tiap selesai shalat 5 waktu untuk bacalah 4 halaman (2 lembar). Kamu juga bisa menerakan metode 1-1 yakni membaca Al Quran 1 lembar sebelum dan setelah shalat.
– Setiap 2 lembar yang kamu baca, kamu hanya menghabiskan 10 menit. – 1 hari 1 juz, sebulan bisa dapat 30 juz.

*Hitungan ini berlaku untuk Mushaf Madinah standar, yang dalam 1 Juz-nya terdapat 10 lembar atau 20 halaman. 1 Halaman terdapat 15 baris.

∎ Gunakan Peranti Lain Untuk Baca Al Quran

Gunakan Al Quran yang kecil sebagai pengganti dari Quran yang biasa kamu baca. Karena ukuran umum Quran tidak bisa kamu bawa kemana-mana karena kesibukan kerja. Dengan membawa Al Quran yang lebih kecil, kamu bisa membawanya kemanapun. Ukuran yang kecil ini memungkinkan bisa dibawa dengan mudah dan tidak berat. Tapi, ada satu hal yang harus diperhatikan Al Quran kecil tersebut masih bisa kamu baca.

Kamu juga bisa menggunakan smartphone dengan memasang aplikasi baca Quran yang tersedia di Playstore. Sekarang banyak ditemui para developer pengembang AL Quran melalui aplikasi. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Namun, alangkah lebih baik dalam membaca Al Quran ialah langsung dari kitabnya.

∎ Manfaatkan Waktumu Luangmu

Membaca Al Quran itu tak harus setelah selesai shalat. Kamu juga bisa membacanya kapanpun saat ada waktu kosong. Daripada melakukan hal lain yang tak berfaedah atau bahkan bisa membatalkan puasa, bacalah Al-Quran yang dapat membantumu mengendalikan hawa nafsu.

Jika saat shalat kamu kurang ada waktu untuk membaca Al Quran, kamu bisa manfaatkan waktu yang benar-benar kosong untuk mengkhatamkan Al Quran.

∎ Semangat dan Motivasi Diri untuk Beraksi

Saat awal-awal puasa umat muslim masih semangat dalam melakukan ibadahnya. Dan kemudian mulai sedikit malas lalu nanti semangat lagi. Begitu terus dan berulang, coba hilangkan moody-an dan istiqomah dalam beribadah.

Setiap hari selama bulan Ramadhan ini kita niatkan diri untuk lebih dekat kepada Allah swt. dan memotivasi diri untuk semangat beribadah karena Allah swt. Jadi konsistenlah di awal-awal puasa untuk beribadah agar mencapai target yang ingin dicapai. Mulai hari pertama puasa dan kehari-hari berikutnya haruslah lebih baik lagi.

Akan lebih baik kalau kamu juga membaca terjemahannya agar kamu juga bisa mengerti maknanya dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Semoga Allah mudahkan untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan. Dan semoga bermanfaat cara khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Back to top button