ElektronikaMateri

Pengertian Arus Dan Tegangan Listrik

Arus dan tegangan listrik
Pengukuran Ampere

Ternyatabegitu.com – Pengertian Arus Dan Tegangan Listrik, Kita semua tentu paham bahwa arus listrik terjadi karena pergerakan elektron, dimana setiap elektron mempunyai muatan yang besarnya sama. Jika kita mempunyai benda bermuatan negatif berarti benda tersebut mempunyai kelebihan elektron. Dan benda yang bermuatan positif berarti benda tersebut kekurangan elektron.

Pengertian Arus Listrik ( Electrical Current )

Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere. Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir. Muatan sebuah elektron, sering dinyatakan dengan simbul q atau e, dinyatakan dengan satuan coulomb, yaitu sebesar:
q ≈ 1,6 × 10-19 coulomb
Alat yang dipergunakan untuk mengukur besar Arus listrik, antara lain: Amperemeter

Baca Juga :
Cerita King Midas and the Golden Touch ( Bahasa Indonesia )
Cerita Roro Jonggrang dalam Bahasa Inggris [DIALOG]

Pengertian Tegangan Listrik (Voltage)

Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, sehingga arah arus listrik konvensional di dalam suatu konduktor mengalir dari tegangan tinggi menuju tegangan rendah. Akan mudah menganalogikan aliran listrik dengan aliran air. Misalkan kita mempunyai 2 tabung yang dihubungkan dengan pipa seperti pada gambar dibawah ini.

Jika kedua tabung ditaruh di atas meja maka permukaan air pada kedua tabung akan sama dan dalam hal ini tidak ada aliran air dalam pipa.
Jika salah satu tabung diangkat maka dengan sendirinya air akan mengalir dari tabung tersebut ke tabung yang lebih rendah. Makin tinggi tabung diangkat makin deras aliran air yang melalui pipa.

Terjadinya aliran tersebut dapat dipahami dengan konsep energi potensial.
Tingginya tabung menunjukkan besarnya energi potensial yang dimiliki. Yang paling Arus dan Tegangan Listrik penting dalam hal ini adalah perbedaan tinggi kedua tabung yang sekaligus menentukan besarnya perbedaan potensial. Jadi semakin besar perbedaan potensialnya semakin deras aliran air dalam pipa. Alat yang dipergunakan untuk mengukur besar tegangan listrik, antara lain: Voltmeter, dan Osiloskop.

Itulah tadi pembahasan tentang Pengertian Arus Dan Tegangan Listrik. Jika ada yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar 🙂

Lihat lebih

Tinggalkan Balasan

Back to top button