Kesehatan

5 Langkah Cara Mudah Merawat Rambut Gondrong Pada Pria

5 Langkah Mudah Merawat Rambut Gondrong Pada Pria Gaya rambut pria tak selalu harus pendek dan formal, gaya rambut gondrong juga bisa menjadi pilihan untuk bisa tampil kece. Rambut gondrong bisa menunjukkan sisi maskulin yang lebih pada pria. Alhasil, rambut gaya ini semakin banyak digandrungi dan banyak pria yang mencoba gaya rambut tersebut.   Memiliki rambut yang gondrong berbeda perawatannya dengan rambut pendek atau cepak. Pria yang memiliki gaya rambut pendek kurang memperhatikan dalam merawat rambutnya

TernyataBegitu.Com – Inilah beberapa langkah cara mudah untuk merawat rambut gondrong bagi pria yang wajib kamu coba. Gaya rambut pria tak selalu harus pendek dan formal, gaya rambut gondrong juga bisa menjadi pilihan untuk bisa tampil kece. Rambut gondrong bisa menunjukkan sisi maskulin yang lebih pada pria. Alhasil, rambut gaya ini semakin banyak digandrungi dan banyak pria yang mencoba gaya rambut tersebut.

Memiliki rambut yang gondrong berbeda perawatannya dengan rambut pendek atau cepak. Pria yang memiliki gaya rambut pendek kurang memperhatikan dalam merawat rambutnya. Karena lebih mementingkan model dan gaya rambut untuk menunjang penampilannya.

Related Articles

Baca Juga
 Lirik Lagu Jungkook (BTS) – My Time Map Of The SEOUL 7
 Lirik Lagu Jimin (BTS) – Filter Map Of The Seoul 7
Lirik Lagu Jimin, V (BTS) – Friends (친구) MAP of The SEOUL 7

Merawat rambut gondrong ternyata juga tidak sembarangan, dan harus dilakukan dengan tepat. Soalnya kalau malas merawat, rambut akan rusak dan malah mengacaukan penampilan. Rambut gondrong harus dapat perhatian lebih agar tetap bersih dan rapi. Jadi, bagaimana cara terbaik untuk merawat rambut gondrong bagi pria? Berikut adalah caranya.

Cara Mudah Merawat Rambut Gondrong Pada Pria

1. Rutin Potong Rambut Secara Teratur

Agar rambut kita tetap sehat, disarankan untuk memangkasnya setiap beberapa bulan sekali. Untuk tetap menjaga gaya rambut gondrong, cukup potong ujung rambut beberapa cm saja untuk menghindari rambut bercabang. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak bercabang lagi. Rambut bercabang yang tidak dipotong akan mengakibatkan rambut yang lain juga ikut-ikutan rusak.
Rutin Potong Rambut Secara Teratur (Foto: Gentlemancode)

Agar rambut kita tetap sehat, disarankan untuk memangkasnya setiap beberapa bulan sekali. Untuk tetap menjaga gaya rambut gondrong, cukup potong ujung rambut beberapa cm saja untuk menghindari rambut bercabang. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak bercabang lagi. Rambut bercabang yang tidak dipotong akan mengakibatkan rambut yang lain juga ikut-ikutan rusak. Hal kecil sepert ini harus selalu diperhatikan ya!

2. Rajin Keramas Minimal 2 Hari Sekali

cara merawat rambut gondrong pria Memiliki rambut gondrong berbeda volumenya dengan rambut pendek, karena harus lebih rajin keramas. Keramas tidak perlu setiap hari saat mandi mandi. Keramas setiap hari justru akan akan merusak dan menghilangkan minyak pada rambut. Selain itu, keramas setiap hari juga akan menyebabkan ketombe bermunculan.
Rajin Keramas Minimal 2 Hari Sekali (Foto: Hellosehat)

Memiliki rambut gondrong berbeda volumenya dengan rambut pendek, karena harus lebih rajin keramas. Keramas tidak perlu setiap hari saat mandi mandi. Keramas setiap hari justru akan akan merusak dan menghilangkan minyak pada rambut. Selain itu, keramas setiap hari juga akan menyebabkan ketombe bermunculan.

Rajin keramas lebih baik dilakukan minimal dua hari sekali. Sebelum keramas, terlebih dahulu sisir rambut kamu saat masih kering agar tidak kusut. Hal ini memudahkan dalam membersihkan rambut dan dapat memperbanyak busa shampo. Kemudian gosok rambut dengan sampo sampai ke ujung akar dengan menggunakan jari sambil dipijat – pijat.

3. Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk Setelah Keramas

Menggosok rambut dengan handuk adalah salah satu penyebab rambut pria rusak. Menggosok dengan handuk akan membuat rambut menjadi kusut dan bercabang. Apalagi dengan menggosok-gosokkan dengan sangat keras, itu adalah pilihan yang salah.
Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk Setelah Keramas (Foto: Allthingshair)

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan dan tidak diketahui. Menggosok rambut dengan handuk adalah salah satu penyebab rambut pria rusak. Menggosok dengan handuk akan membuat rambut menjadi kusut dan bercabang. Apalagi dengan menggosok-gosokkan dengan sangat keras, itu adalah pilihan yang salah.

Lalu apakah tidak perlu mengeringkan rambut yang basah? Tidak juga. Disarankan lebih baik membelai rambut dengan handuk secara perlahan-lahan setelah air di rambut kering. Jangan terlalu sering juga menggunakan hairdryer atau pengering rambut, karena dapat membuat rambut kamu menjadi kering dan akhirnya rusak.

4. Merawat Rambut dengan Masker dan Conditioner

Masker rambut bisa membuat rambut kamu semakin sehat, memberi nutrisi ke rambut, dan juga membuat rambut tidak gampang rontok. Jangan lupa pilih kandungan alami pada masker karena akan membuat rambut lebih sehat dibanding krim dengan bahan kimia. Kamu bisa mencoba masker dengan bahan aloevera, minyak zaitun, dan urang-aring.
Merawat Rambut dengan Masker dan Conditioner (Foto: Kawaibeautyjapan)

Rambut juga bisa dipakaikan masker, masker tak hanya untuk perawatan wajah saja. Masker rambut bisa membuat rambut kamu semakin sehat, memberi nutrisi ke rambut, dan juga membuat rambut tidak gampang rontok. Jangan lupa pilih kandungan alami pada masker karena akan membuat rambut lebih sehat dibanding krim dengan bahan kimia. Kamu bisa mencoba masker dengan bahan aloevera, minyak zaitun, dan urang-aring.

Selain itu kalau rambut gondrong, keramas saja tidak cukup. Selesai keramas perlu juga memakai conditioner untuk merawat rambut. Conditioner punya banyak manfaat untuk rambut, mulai dari pengganti minyak alami, pelindung, penambah kilau, hingga pencegah kerusakan. Setelah keramas, gunakan conditioner di rambut, lalu diamkan 2-3 menit. Setelah itu, basuh dan bersihkan dengan air dingin. Jika kamu tidak suka conditioner yang dibilas, sekarang banyak dijual merk conditioner tanpa bila yang juga wajib kamu coba.

5. Mengikat Rambut Agar Rapi dan Tidak Acak-Acakan

cara mudah merawat rambut gondrong Bagi pria yang memiliki rambut gondrong wajib mengikat rambut saat beraktivitas. Selain tidak mengganggu, rambut yang diikat saat beraktivitas akan membuatnya tetap sehat dan rapi. Gunakan ikat rambut berbahan kain, dan jangan diikat terlalu kencang biarkan sedikit longgar. Hindari menggunakan karet gelang. Ikatan karet gelang yang terlalu kuat cepat merusak kekuatan batang rambut sehingga rambut akan mudah rontok.
Mengikat Rambut Agar Rapi dan Tidak Acak-Acakan (Foto: Allthingshair)

Bagi pria yang memiliki rambut gondrong wajib mengikat rambut saat beraktivitas. Selain tidak mengganggu, rambut yang diikat saat beraktivitas akan membuatnya tetap sehat dan rapi. Gunakan ikat rambut berbahan kain, dan jangan diikat terlalu kencang biarkan sedikit longgar. Hindari menggunakan karet gelang. Ikatan karet gelang yang terlalu kuat cepat merusak kekuatan batang rambut sehingga rambut akan mudah rontok.

6. Memakai Aksesoris yang Tepat

cara merawat rambut gondrong pria Misalnya topi yang terlalu ketat dapat menghalangi suhu panas yang keluar dari kepala. Akibatnya, aliran darah ke folikel rambut jadi terhambat dan dapat memicu stres. Batang rambut pun lama-lama melemah dan rontok satu per satu. Oleh karena itu, memakai topi jika memang diperlukan saja saat di luar ruangan. Jadi, jangan lama-lama memakai topi ataupun kupluk.  Memakai bando terlalu lama juga cara yang salah. Maksud hati ingin rambut tidak terurai, tapi malah merusak tatanan rambut. Bando dapat menyebabkan rambut bergelombang dan mudah patah. Lebih baik gunakan headband untuk menata rambut yang terurai, headband memiliki sifat yang longgar sehingga cocok untuk digunakan saat beraktivitas.
Memakai Aksesoris yang Tepat (Foto: Weheartit)

Tak sembarangan memilih produk untuk aksesoris rambut terlebih lagi untuk rambut gondrong pria. Perlu terlebih dulu memilah mana yang cocok digunakan. Untuk memakainya sendiri juga jangan lama-lama, karena itu berpengaruh besar pada kesehatan rambut. Misalnya topi yang terlalu ketat dapat menghalangi suhu panas yang keluar dari kepala. Akibatnya, aliran darah ke folikel rambut jadi terhambat dan dapat memicu stres. Batang rambut pun lama-lama melemah dan rontok satu per satu. Oleh karena itu, memakai topi jika memang diperlukan saja saat di luar ruangan. Jadi, jangan lama-lama memakai topi ataupun kupluk.

Memakai bando terlalu lama juga cara yang salah. Maksud hati ingin rambut tidak terurai, tapi malah merusak tatanan rambut. Bando dapat menyebabkan rambut bergelombang dan mudah patah. Lebih baik gunakan headband untuk menata rambut yang terurai, headband memiliki sifat yang longgar sehingga cocok untuk digunakan saat beraktivitas.

Itulah dia beberapa cara mudah merawat rambut gondrong pada pria. Silahkan diterapkan. Bagaimana tidak ribet bukan? Apakah setelah ini kamu mau mengganti gaya rambut jadi gondrong agar terlihat lebih maskulin? Apapun gaya rambutmu itu tidak masalah asalkan kamu dapat menjaga kesehatan rambut itu lebih penting.

Lihat lebih

Tinggalkan Balasan

Back to top button